BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Teknik
Menjual
Untuk
meyakinkan calon pembeli supaya mau membeli tak dapat dipisahkan dari cara
menawarkan. Dalam usaha meyakinkan pembeli, penjual harus berusaha memperkecil
kekurangan yang terdapat pada barang dagangan. Sebaiknya tunjukkan kelebihan yang
terdapat dalam barangnya, tetapi jangan lupa, semua keterangan yang diberikan
harus dapat dibuktikan sehingga tidak mengecewakan calon pembeli. Dalam proses
penjualan, saat klimaks adalah saat pembeli akan mengambil keputusan untuk
membeli. Setelah pembeli sepakat dengan harga yang ditawarkan dan menyetujui
syarat penyerahan barnag, maka berakhirlah proses penjualan. Dalam dunia
penjualan ada berbagai macam teori yang berkaitan dengan teknik-tekniuk
menjual. Teori-teori ini mengajarkan bagaimana
mengawali dan mengakhiri proses penjualan dengan sukses , yaitu dari
menarik minat calon pembeli sampai pada memberikan keputusan kepada pembeli
terhadap produk yang ditawarkan. Salah satu teori menjual yang akan dikemukakan
adalah teori AIDAS. Teori ini menerangkan dengan rinci mengenai tahapan-tahapan
yang harus dilalui oleh seorang penjual didalan melakukan kegiatan penjualan.
Tahapan-tahapan teori AIDAS adalah sebagai beikut.
1. Attention (Perhatian)
Pada tahap ini , penjual harus berusaha agar
calon pembeli memperhatikan penawaran yang dilakukan calon penjual. untuk
mendapatkan perhatian dari calon pembeli, penjual harus memperhatikan sikap,
tindak tanduk, bahasa, cara berbicara , dan cara berpakain. Kesan pertama yang
baik akan berpengaruh positif pada terjadinya penjualan.
2. Interest (Minat)
Pada tahap
ini, penjual harus mengubah perhatian calon pembeli menjadi minat yang semakin
kuat. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menciptakan suasana yang menyenangkan,
menanamkan kepercayaan kepada calon pembeli agar merasa dirinya sebagai orang
penting, memberikan jalan untuk mempermudah pembeli membuat keputusan serta
melakukan pendekatan kepada calon pembeli.
3. Desire (Keinginan)
Perlu
diketahui, bahwa kebiasaan calon pembeli dalam mengambil keputusan membeli
tidaklah sama. Hal-hal yang dapat mempengaruhinya antara lain adalah faktor
pendapatan, jenis kelamin,pendidikan, status sosial, dan sebagainya. Untuk itu
pada tahap ini penjual harus bisa meyakinkan kepada pembeli dengan menjelaskan
keuntungan yang akan didapat calon pembeli apabila calon pembeli membeli produk
yang ditawarkan serta kerugian yang dialamai jika tidak membeli produk
tersebut.
No comments:
Post a Comment